Masa KPR Diperpanjang, Kurangi Backlog Rumah

Big Banner
Kementerian Perumahan Rakyat sebelumnya mengusulkan untuk memperpanjang masa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari 15 menjadi 25 tahun. mengetahui hal tersebut, Real Estate Indonesia (REI) mengatakan, jika pasokan rumah (backlog) bisa dikurangi dengan perpanjang tenor KPR. 
 
“Backlog bisa cepat berkurang,” kata Ketua REI, Setyo Maharso kepada Okezone.
 
Menurut Setyo, sebagai pengembang dia tak merasa keberatan jika jangka waktu KPR diperpanjang lebih dari yang sudah berlaku saat ini, yaitu sampai 25 tahun.
 
“Sekarang tinggal pemerintahnya, kalau dari sisi pengembang tidak masalah,” ungkapnya.
 
Setyo menjelaskan, keuntungan perpanjangan tenor KPR bagi konsumen antara lain cicilan setiap bulannya bisa lebih kecil. Keuntungannya masyarakat sedmakin mudah untuk mendapatkan rumah.
 
Terkait dengan uang muka atau down payment (DP), dia menyebut jika selama ini, rumah-rumah yang dibangun oleh pengembang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Untuk itu, DP menurutnya sama sekali tidak berpengaruh terhadap jangka waktu.
 
“Lagipula, rumah-rumah untuk MBR kan tidak ada DP. Itu tidak ada hubungannya,” terang Setyo.
 
Diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), backlog atau kekurangan pasokan perumahan di Indonesia pada 2010 mencapai 13,6 juta dan akan bertambah menjadi sekitar 15 juta pada 2014.
 
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me