‘Harga Tanah Naik Tinggi, Penyediaan Rumah Makin Terkendala’

Big Banner
Tingginya harga tanah menjadi salah satu kendala dalam penyediaan perumahan bagi masyarakat oleh pengembang.Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Presiden Boediono.
 
Boediono berharap usulan adanya bank tanah dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan ketersediaan tanah, bagi para pengembang perumahan. Dia juga setuju jika ada harga tanah yang tidak wajar harus dikeluarkan kebijakan khusus untuk penanganannya.
 
“Lumrah jika harga tanah terus meningkat asalkan dengan kenaikan yang wajar, tetapi harga tanah kadang melonjak tinggi karena ada spekulan tanah yang bermain. Karena itu, Land bank diharapkan bisa menstabilkan suplai tanah secara wajar,” ujar Wapres.
 
Selain adanya spekulan, lanjut Boediono, harga tanah yang terus naik juga diakibatkan oleh makin sempitnya lahan kosong, sementara jumlah penduduk semakin bertambah banyak. Tidak hanya itu, ancaman dari berkurangnya tanah juga datang dari pemanasan global, saat air laut naik dapat berimbas berkurangnya daratan yang ada.
 
Boediono juga membahas terkait penyediaan perumahan baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah dapat dilakukan dengan memberikan dukungan pembiayaan, perpajakan dan model bisnis yang tepat bagi pengembangan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah dapat ditentukan. Asalkan, insentif harus cukup dan jangan berlebihan serta salah sasaran.
 
Pemerintah sendiri, jelas Boediono, telah melaksanakan beragam program untuk penyediaan pemukiman. Misalnya, on-site upgrading atau penataan kawasan kumuh, resettlement atau relokasi perumahan bagi mereka yang tinggal di daerah rawan bencana. Kemudian, membangun rumah susun, baik yang disewakan maupun dijual kepada pemiliknya.
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me