Tol Bali 100% Buatan Orang Indonesia

Big Banner
Proyek jalan tol Ngurah Rai-Tanjung Benoa yang merupakan sebagai tol terpanjang se- Indonesia ini ternyata 100 persen dibuat oleh orang Indonesia dengan komponen lokal.
 
Public Relation Office PT Jasa Marga Bali Toll, Drajad H Suseno mengungkapkan, para ahli Indonesia telah memiliki kemampuan untuk membangun jembatan tol semacam itu. Tak hanya dari ahli, kontraktor hingga semua pekerja yang terlibat dalam pembangunan tol ini pun asli orang Indonesia.
 
“Kalau teknologi secara khusus sebenarnya tidak ada, jadi Indonesia sudah menunjukkan kemampuiannya, untuk membangun megasatruktur yang luar biasa. Jangan lupa ini 100% karya anak bangsa,” kata Drajad.
 
Tol yang diklaim sebagai jembatan tol terindah ini, terbentang sepanjang 12,7 km dan ditopang sekitar 34.000 tiang pancang. Tiang pancang tersebut bukan didatangkan dari luar negeri, melainkan dari beberapa daerah di pulau Jawa dan diangkut menggunakan Truk.
 
“Tiang pancang didatangkan dari Subang, Pasuruan, Karawang, Purwakarta,” ungkapnya.
 
Total investasi untuk membangun proyek ini mencapai Rp 2,4 triliun. Menurut Drajad, dana tersebut berasal dari dana perusahaan sebesar 30% atau sekitar Rp 745 miliar, serta pinjaman perbankan sebesar 70% atau. Sekitar Rp 1,7 triliun. Sama sekali tidak melibatkan APBN ataupun pinjaman luar negeri.
 

 

rumahku.com