‘Pemerintah Perlu Tingkatkan Penyedian Rumah Sewa’

Big Banner
Banyaknya masyarakat kalangan bawah yang sulit untuk membeli rumah secara mandiri, Pemerintah diminta fokus dalam penyediaan rumah melalui skema sewa. Hal tersebut dikatakan oleh Peneliti Perumahan dan Permukiman dari Institut Teknologi Bandung M. Jehansyah Siregar 
 
Jehansyah mengungkapkan masyarakat miskin sudah semakin sulit menjangkau harga rumah sederhana sehat saat ini.
 
“Pemerintah sebaiknya mengurangi porsi pengadaan rumah rakyat melalui skema rumah milik, karena tidak bisa dimiliki oleh seluruh kelompok masyarakat,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan, biaya pengadaan rumah saat ini sangat mahal. Oleh sebab itu, bagi kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dapat disediakan perumahan umum yang lebih banyak dengan skema sewa, seperti rumah susun sewa.
 
Untuk merealisasikan Jehansyah menghimbau pemerintah harus dapat memastikan sistem pengelolaannya, yakni dengan segera membentuk badan pengelolaan.
 
“Bangunan dibangun di atas tanah pemerintah, yang mengelola pemerintah, dan yang menetapkan harganya juga pemerintah. Pengembangan bisa dilakukan di pusat kota, atau dipinggiran kota,” paparnya.
 
Jika terealisasikan, lanjutnya, masyarakat yang tidak mampu dapat tinggal di hunian yang layak dan terjangkau. Pola sewa seperti ini harusnya dapat dimaksimalkan oleh pemerintah, dengan mamastikan regulasi bahwa masyarakat yang tinggal merupakan kelompok sasaran.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me