2014 Kementerian PU Bangun Rumah Anti Tsunami

Big Banner
Tahun 2014 Kementerian Pekerjaan Umum akan mulai membangun tempat perlindungan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana tsunami. Kementerian Pekerjaan Umum juga bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar Diskusi Panel Rancang Bangunn Bangunan Shelter Penanganan Bencana Pada Kawasan Rawan Bencana Tsunami.
 
Menurut Ir. Guratno Hartono, M. Bc Direktur Penataan Bangunan dan Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum, acara ini dimaksudkan untuk mendapat masukan dari berbagai pihak, baik pemerintah daerah, juga akademisi, terkait kriteria bangunan yang akan dijadikan shelter 
 
“kan bangunannya itu harus kuat, tidak boleh runtuh duluan, kalau ditempati orang juga muat banyak dan tetap kuat,” ujar Guratno.
 
Pembanguan shelter itu sendiri, lanjutnya, direncakan setelah adanya instruksi presiden agar tahun 2013 dan tahun 2014 ini BNPB membangun tempat evakuasi sementara dan sarana dan juga prasarana untuk mendukung bagi para pengungsi di tempat yang berpotensi terkena bencana tsunami. 
 
“sudah ada pemetaan di daerah rawan tsunami, tempat-tempat yang bisa dibangun shelter, namun yang sudah kita indentifikasi ada 139 titik, tersebar terutama di daerah pantai,” tandasnya.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, program pembangunan shelter ini juga masuk dalam rencana Masterplan Pengurangan Risiko Bencana Tsunami. Selain BNPB sebagai koordinator, program ini juga melibatkan beberapa instansi, seperti Kementerian Kelautan, Pekerjaan Umum, Ristek, juga beberapa lembaga dan kementerian terkait. Para ahli dari Insitut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan beberapa ahli gempa juga dilibatkan.
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me