‘Perbaikan Tol Cikampek Harus Rampung Sebelum Lebaran’

Big Banner
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) meminta perbaikan jalan tol Jakarta-Cikampek di KM 47 yang terbelah harus diselesaikan secara permanen sebelum hari raya Idul Fitri.
 
“Selama ini kan, cuma perbaikan cepat saja,” kata Kepala BPJT, Achmad Gani Ghazali.
 
Achmad Menjelaskan, yang menyebabkan amblesnya jalan tol dengan lalu lintas terpadat ini adalah landsliding (tanah longsor).  Menurutnya Landsliding ini terjadi di kedalaman 8-12 meter di bawah tanah.
 
Dia menuturkan, perbaikan jalan ini harus dilakukan secara besar-besaran dan permanen. Berbeda dengan perbaikan yang dilakukan saat ini, yang hanya menimbun saja.
 
Sementara itu, PT Jasa Marga Tbk selaku operator jalan tol ini harus memasang tiang pancang untuk menahan agar longsoran tanah tidak terjadi lagi. Selanjutnya dilakukan pengurukan sebelum akhirnya bisa dicor kembali.
 
Hingga saat ini, Jasa Marga belum mengajukan kapan akan menyelesaikan perbaikan total ini. Namun, BPJT telah memberikan usulan agar sebelum lebaran ini sudah diselesaikan.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 47 arah Jakarta wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, ambles hingga sepanjang sekitar 40-50 meter, Senin (27/5).
 
Jalan tol yang ambles itu terjadi sejak Senin dini hari. Titik ambles berlokasi di jalan tol KM 47 arah Jakarta, dengan kepanjangan sekitar 40-50 meter serta lebar sekitar 6,1 meter atau “memakan dua lajur”. Sementara kedalaman jalan ambles itu mencapai sekitar 30-35 sentimeter.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me