‘Risiko Kredit Macet KPR di BTN Kemungkinan Kecil’

Big Banner
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengaku risiko kredit macet untuk Kredit Pemilikan rumah (KPR) di Bank BTN sangat kecil. Direktur BTN Mansyur Nasution menyatakan, hingga saat ini kredit macet masih bisa ditanggung dari agunan berupa rumah dan tanah. 
 
“BTN risiko kredit macetnya kecil. Karena masih bisa dicover oleh agunan berupa tanah dan rumah yang harganya setiap tahun naik,” katanya.
 
Dia menyebut, portofolio KPR BTN 60-65 persen di wilayah Jabodetabek dan terkonsentrasi di Bekasi. Akan tetapi, jumlah rumah yang mengalami kredit macet (non profit loan/NPL) belum bisa dihitung dan saat ini proxi NPL atau kredit macet BTN itu di 4,77 persen. 
 
“Yang dibilang kredit macet itu jika di tengah-tengah dia tidak mampu bayar angsuran lagi. Pada dasarnya semua kredit berisiko, bisa saja orangnya ada yang kena PHK dan lain-lain. Tapi sejauh ini di BTN, KPR itu termasuk kredit yang risikonya rendah kalaupun ada NPL, cover agunannya cukup,” ujarnya. 
 
Mansyur menambahkan, BTN akan tetap pada komitmen untuk membiayai rumah khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Namun, dalam pelaksanaannya tetap menggunakan prinsip kehati-hatian. Selain fokus di pembiayaan KPR bersubsidi, BTN pun akan meningkatkan pembiayaan untuk KPR komersial guna mencapai target sebesar Rp28 triliun di tahun ini. 
 

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me