Kementerian PU Targetkan Tol Depok-Antasari Rampung 2015

Big Banner
Pembangunan Tol Depok-Antasari ditargetkan selesai pada 2015. Kementerian Pekerjaan Umum beralasan, pembangunan saat ini sudah tidak mungkin diteruskan agar rampung sesuai target awal 2014.Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum Ahmad Ghani Gazali menyoroti keterlambatan proyek ini yang baru mulai 2011 padahal sudah dijadwalkan sejak 2006.
 
“Sejak awal memang proyek ini sudah tersendat,” kata Ghani kepada Tempo.
 
Dia menjelaskan, akibatnya harga tanah di jalan tol sepanjang 12 kilometer ini naik tajam saat proyek berjalan lagi. Sehingga Ghani melanjutkan salah satu caranya Kementerian akan memberi suntikan bantuan land caping atau pembebasan lahan sebesar Rp 2 triliun untuk dua seksi.
 
Suntikan dana land caping ini, lanjutnya, akan diberikan setelah dana talangan pemerintah melalui badan layanan umum (BLU) sebesar Rp 380 miliar yang turun pada 2011 lalu habis. Saat ini bantuan BLU yang tersisa tinggal Rp 20 miliar.
 
Selain itu, agar memudahkan pembebasan lahan maka akan menggunakan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Kepentingan Umum. Peraturan ini baru bisa berlaku setelah tahun 2014 untuk proyek yang dicanangkan sebelum 2012.
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me