Bangun Rumah Swadaya, Kemenpera Gandeng TNI AD

Big Banner
Melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) gandeng TNI AD untuk turut serta membangun rumah swadaya masyarakat kurang mampu.Untuk penyaluran program BSPS di seluruh wilayah Indonesia, TNI juga diminta untuk menjadi Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM).
 
Deputi Menpera Bidang Perumahan Swadaya Jamil Ansari mengatakan, pihaknya optimis TNI AD bisa menjadi Tenaga Pendamping program BSPS untuk membantu masyarakat miskin.
 
“Kami percaya TNI AD bisa menjadi TPM Program BSPS Kemenpera untuk membantu masyarakat miskin agar mereka bisa tinggal di rumah yang layak huni,” ujar Jamil dalam siaran persnya.
 
Dia menuturkan, keterlibatan TNI AD ini bukanlah hal yang baru. Sebab, lanjutnya, TNI AD memiliki pengalaman dan pengawasan yang cukup baik hingga ke daerah-daerah. 
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, kerja sama ini adalah salah satu bentuk perubahan yang dilaksanakan Kemenpera agar penyaluran BSPS ke masyarakat miskin bisa berjalan dengan lancar. Menurutnya, ada peningkatan target yang cukup signifikan dalam program BSPS. Pada tahun 2012 jumlahnya 75 ribu rumah tiba-tiba meningkat menjadi 250 ribu rumah.
 
“Kurangnya jumlah rumah swadaya masyarakat yang layak huni itu merupakan salah satu masalah utama yang harus diselesaikan. Dari 7,9 juta rumah tidak layak huni di Indonesia yang baru ditangani baru 800 ribu. Jadi masih ada kekurangan 7 juta lagi yang harus diselesaikan,” jelasnya.
 
Jamil menambahkan, Kemenpera akan segera melakukan evaluasi pelaksanaan program BSPS pada akhir tahun 2013.TPM atau diperlukan untuk kegiatan pembangunan yang menerapkan pendekatan pemberdayaan masyarakat. 
 

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me