IKEA Produksi Rumah Instan Untuk Korban Bencana

Big Banner
Untuk para pengungsi khusunya korban bencana alam maupun musibah lainnya, tidak perlu mengandalkan tenda lagi sebagai tempat berlaindung. Produsen interior dan furnitur raksasa asal Swedia, IKEA membuat produk penampungan (shelter) instan.
 
Inovasi anyar ini merupakan hasil kerjasama antara Yayasan IKEA dan Komisi PBB untuk urusan pengungsi (UNHCR). Produk ini dapat digunakan secara praktis dan cepat untuk penampungan para pengungsi yang butuh tempat pelindung secepatnya.
 
Seperti dilansir Fast Company yang dikutip Inhabitat, rumah penampungan ini memiliki luas hampir 20 meter peresegi (m2) dan dapat dibangun hanya dalam waktu empat jam. Para pengungsi yang mendapat bantuan rumah penampungan tersebut akan memiliki ruang privasi yang lebih, ketimbang tinggal dalam tenda. 
 
Tidak hanya itu, rumah dalam kemasan tersebut dilengkapi panel surya di bagian atap yang akan menghasilkan listrik mereka sendiri dan tidak perlu menggunakan lilin atau lampu minyak. Bagian atapnya dibuat sedikir melengkung, sehingga dapat merefleksikan sinar matahari sebanyak 70 persen dan menjaga barang-barang di dalam rumah tetap dingin pada saat siang dan lebih hangat di kala malam. Untuk itu IKEA akan membantu UNHCR mendistribusikan rumah penampungan instan tersebut. Salah satunya kepada pengungsi di Ethiopia pada bulan depan.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me