Pemkot Depok Siap Bongkar Bangunan Ilegal

Big Banner
Bagi bangunan yang tidak memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) siapa-siap dibongkar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok. Karena DPRD Depok kali ini sedang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dimana DPRD akan mempersilahkan Pemerintah Kota Depok menyita dan membongkar bangunan tak berizin.
 
“Tidak ada alasan lagi bagi pemerintah untuk tidak membongkar bangunan yang melanggar undang-undang dan peraturan daerah. Pemerintah dapat mengajukan anggaran pembongkaran,” kata Ketua Panitia Khusus (Pansus) IMB, Muttaqin Safii.
 
Muttaqin memaparkan, selama ini Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim), Badan Lingkungan Hidup (BLH), dan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terkendala dengan Peraturan Pemerintah (PP) yang tidak memperbolehkan ketiga dinas tersebut melakukan pembongkaran dengan menggunakan biaya dari APBD. 
 
“PP tersebut memerintahkan badan usaha atau pribadi yang melakukan pelanggaran kontruksi melakukan pembongkaran sendiri, dengan menggunakan biaya pribadi. Jadi dinas tidak dapat melakukan pembongkaran karena biayanya tidak ada. Sementara pemilik bangunan tidak mau melakukan pembongkaran,” ungkapnya.
 
Dengan keberadaan Perda IMB ini, dia berharap bisa membantu Pemerintah Kota Depok menindak tegas seluruh bangunan yang melanggar peraturan. Diantaranya, membongkar bangunan yang melanggar sempadan sungai atau sempadan jalan. 
 
“Semua bangunan yang melanggar dapat langsung dibongkar. Jangan lagi ada belas kasih, karena mereka sudah dengan sadar melakukan penggaran,” tutupnya.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me