Ciputra Bangun Mal 80.000 Meter di Banjarmasin

Big Banner
Akhir tahun 2013 Ciputra Group akan membangun sektor pusat perbelanjaan di Banjarmasin. Properti yang akan menyasar kelas menengah tersebut akan dibangun seluas 80.000 meter persegi.
 
Direktur Ciputra Group, Sugwantono Tanto mengatakan,rencana pembangunan tersebut terkait dengan ekspansi ke sejumlah wilayah di daerah. Diantaranya yakni ibu kota Kalimantan Selatan. Di tempat tersebut Ciputra akan menciptakan peluang pasar dengan mengembangkan konsep berbeda dengan mal yang sudah ada. 
 
“Kami berkompetisi tidak hanya secara horisontal dalam cakupan area garapan (catchment area) melainkan juga secara vertikal yakni segmentasi pasar. Karena Banjarmasin ceruk pasarnya terbatas, beda dengan Jakarta yang begitu luas. Namun, Banjarmasin memiliki wilayah hinterland yang dapat menjadi pangsa pasar baru,” ujarnya.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, Mal kelas menengah tersebut menggunakan konsep antara lifestyle dan konvensional dan lebih tertuju pada fashion apparel. Sugwantono mengaku, beberapa perusahaan peritel besar telah melakukan pembicaraan untuk mengisi mal tersebut sebagai tenan utamanya. Antara lain, Mitra Adi Perkasa, Transmahagaya, Matahari Putra Prima dan masih banyak lagi.
 
Mengapa dipilihnya Banjarmasin,  menurut Sugwantono, karena pasar disana sangat potensial dengan daya beli masyarakat yang semakin tinggi. Untuk proyek ini, Ciputra mengalokasikan anggaran investasi (termasuk lahan) senilai hampir Rp 1 Triliun.
 

 

rumahku.com