Kementerian PU Dukung Infrastruktur Pemukiman Desa

Big Banner
Terkait program kompensasi Bahan Bakar Minyak (BBM), Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mendukung dalam penyediaan infrastruktur dasar pemukiman, air minum dan irigasi desa. Kegiatan itu ditujukan agar dana subsidi BBM dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat. Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Menteri PU, Hermanto Dardak.
 
Dia menjelaskan, tujuan utama program kompensasi yakni memudahkan aksesibilitas terhadap infrastruktur dasar. Serta juga menciptakan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat melalui keterlibatan dalam pelaksanaan pembangunan. Selanjutnya mengembangkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di kawasan perdesaan atau perkotaan.
 
“Intinya kami mendukung penyediaan kebutuhan masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah. Yakni dengan memberikan dana dan mereka sendiri yang mengerjakan pembangunan infrastruktur dasar tadi,” Ujar Hermanto seperti yang dilansir dari situs resmi Kementerian PU.
 
Lebih lanjut dia memaparkan, sasaran dari program ini adalah 5.500 desa dan 1.800 kelurahan. Dari jumlah tersebut terdapat penambahan sekitar 3.500 desa. Sehingga dana Rp6 triliun akan menyasar sktiar 9.000 desa yang diberikan dukungan dan pendampingan untuk membangun kebutuhan infatruktur dasar permukiman. Diantaranya jalan, penyediaan air minum, dan irigasi desa.
 
Hermanto menambahkan, program pemberdayaan masyarakat sebenarnya sudah regular dilaksanakan oleh PU, yaitu dalam bentuk PNPM Mandiri Infrastruktur ke-PU-an, P2KP dan Pamsimas. Nantinya, lanjut Hermanto, per desa akan mendapatkan dana yang disesuaikan dengan pengajuan kebutuhan infrastruktur dasar permukiman sekitar Rp250 juta per desa.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me