Urai Kemacetan, Jasa Marga Gandeng Konsultan Jepang

Big Banner
Macet memang menjadi masalah yang paling alot untuk dibenahi. Terkait hal itu PT Jasa Marga Tbk akan menggandeng konsultan dari Jepang untuk mengurangi permasalahan kemacetan di Ibukota DKI Jakarta.
 
“Konsultan asal Jepang tersebut akan mengkaji berbagai usulan yang disampaikan publik kepada Jasa Marga dalam mengatasi kemacetan di Jakarta,” kata Menteri BUMN Dahlan Iskan.
 
Mantan Dirut PLN ini menyatakan, terdapat tiga titik kemacetan yang akan dicarikan solusinya yakni kawasan Tol Cawang, Perempatan Kuningan, dan Tol Kebun Jeruk. Untuk Cawang, dimungkinkan membangun jalan layang baru melintasi Tol Cawang hingga Semanggi.
 
“Jalan layang tersebut mengatasi kemacetan arus kendaraan dari arah Cibubur yang selalu mampet di pintu Tol Cawang,” ujarnya
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, membangun underpass (jalan bawah tanah) dari pintu keluar tol Kuningan mengarah ke Jalan Rasuna Said. Selama ini, lanjutnya, kemacetan parah terjadi di ruas jalan MT Haryono-Gatot Subroto mengarah Semanggi dan Kuningan.
 
“Diharapkan dengan underpass kemacetan itu dapat diatasi, sehingga tidak terjadi penumpukan terutama menjelang lampu merah baik dari arah Cawang, maupun dari arah Kuningan menuju Warung Buncit,” tuturnya.
 
Dia menambahkan, khusus underpass Kuningan tersebut, menurutnya dibutuhkan investasi sekitar Rp 140 miliar yang pembiayaannya bisa didanai bersama dengan Pemda DKI
 
“Bisa juga dibiayai Jasa Marga, namun Pemda DKI dapat memberikan konsesi atau fasilitas tertentu kepada Jasa Marga,” tutupnya.

rumahku.com