Harga Lahan di Semarang Capai Rp30 Juta per Meter

Big Banner
Kota Semarang yang terletak di Jawa Tengah mengalami kenaikan harga lahan secara melesat. Pada tahun 2012, lahan di sekitar kawasan Simpang Lima berada pada kisaran Rp 15 juta hingga Rp 25 juta per meter persegi. Kini harga mencapai Rp 20 juta sampai Rp 30 juta per meter persegi. 
 
Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah Ichsan Hidayat mengatakan, saat ini sangat sulit untuk mendapatkan lahan di pusat kota atau kawasan CBD Semarang. Kalau pun ada, harganya sangat di luar akal sehat. 
 
“Pertumbuhan harga sangat pesat seiring terjadinya pembangunan properti di setiap sudut kota. Jarang pemilik lahan (landlord) yang mau melepaskan aset lahannya, sementara permintaan begitu kuat,” ujar Ichsan.
 
Dia mengungkapkan, harga lahan yang tak mengalami kenaikan hanya terdapat di sekitar alun-alun kota, bergeser ke ruas Jl Pemuda, nilainya sudah mencapai Rp 22,5 juta hingga Rp 27 juta per meter persegi. 
 
Menurut Ichsan, fenomena lonjakan harga lahan tersebut tak lepas dari pertumbuhan realisasi investasi properti di Semarang tahun 2012 yang mencapai lebih dari Rp 3 triliun. Investasi tersebut tersebar dalam tujuh proyek komersial baru.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me