Bangun Rumah Murah, Kemenpera Godok RPP Bank Tanah

Big Banner
Agar tersedianya tanah bagi pembangunan perumahan rakyat, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) saat ini tengah membahas rancangan peraturan pemerintah (RPP) bank tanah. Hal tersebut dilakukan untuk pembangunan rumah murah yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
 
Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera,Agus Sumargiarto,  hal itu dilakukan untuk mendorong pemerintah daerah agar menyediakan tanah bagi pembangunan perumahan rakyat.
 
“RPP land bank ini masih dalam proses pembahasan di Menko Kesra (Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat) ,” ujar Agus.
 
Agus menjelaskan, penyedian lahan oleh pemerintah daerah sebenarnya sudah berjalan sesuai dengan Mou (Memorandum of understanding) antara Kemenpera dengan pemda-pemda, namun lahan tersebut untuk pembangunan rumah pegawai negeri sipil (PNS).
 
“Bisa saja pemerintah yang menyediakan tanah, nanti kita kerjasama dengan pengembang dan kontraktor dalam membangun. Tapi saat ini PNS dulu, artinya kalau PNS sudah terpenuhi, sisanya bisa untuk yang swasta,” jelasnya.
 
Sebelumnya,Deputi Bidang Perumahan Swadaya Kementerian Perumahan Rakyat, Jamil Ansari mengatakan, Indonesia perlu   “gebrakan” strategis, dengan mengalihkan dana subsidi BBM untuk sektor perumahan rakyat agar mengurangi backlog (kebutuhan rumah). 
 
“Subsidi seperti ini akan lebih bermanfaat karena tepat sasaran, ketimbang digunakan untuk memasok BBM,” ujar Jamil.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me