Kemenpera Bentuk Badan Khusus Land Bank

Big Banner
Setelah peraturan pemerintah terkait land bank rampung, rencananya Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan membentuk badan khusus yang mengatur penyediaan lahan pada tahun 2013 ini. Bank tanah tersebut akan berada di bawah naungan Kemenpera.
 
Hal tersebut dikatakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera Agus Sumargiarto 
 
“Nantinya, melalui bank tanah akan diutamakan penyediaan lahan untuk pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” ujarnya.
 
Agus menjelaskan, untuk penyediaan lahan nantinya akan dilakukan melalui anggaran langsung dari pemerintah pusat maupun daerah atau dengan penyerahan aset lahan. Tidak hanya tu, lanjutnya, tanah juga dapat diperoleh melalui kerja sama dengan pihak swata.
 
“Idealnya sebanyak 75% penyediaan lahan diperoleh dari APBN/APBD. Sisanya melalui kerja sama dengan swasta,” ungkap Agus.
 
Lebih lanjut Agus menambahkan, draft RPP Land Bank sudah diserahkan kepada Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat sejak 3 bulan lalu, dan diharapkan dapat rampung pada tahun ini.
 
Seperti diberitakan sebelaumnya, Agar tersedianya tanah bagi pembangunan perumahan rakyat, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) saat ini tengah membahas rancangan peraturan pemerintah (RPP) bank tanah. Hal tersebut dilakukan untuk pembangunan rumah murah yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
 
Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera,Agus Sumargiarto,  hal itu dilakukan untuk mendorong pemerintah daerah agar menyediakan tanah bagi pembangunan perumahan rakyat.
 
“RPP land bank ini masih dalam proses pembahasan di Menko Kesra (Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat) ,” ujar Agus.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me