Hutama Karya Bangun Ruas Tol Sumatera Akhir 2013

Big Banner
PT Hutama Karya (HK), rencananya akan segera menggarap proyek pengembangan ruas jalan tol trans Sumatra.Perusahaan konstruksi milik pemerintah tersebut HK akan memulai proyek tersebut pada akhir tahun 2013.
 
HK sendiri telah mendapatkan izin untuk ruas jalan tol Sumatera ini. Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Ari Widiantoro.
 
“Peraturan pemerintah (PP) sudah dapat, tinggal tunggu peraturan presiden,” ujarnya.
 
Dia memaparkan, proyek tersebut akan dikerjakan mulai Oktober atau November 2013. Ruas pertama yang akan dikerjakan terlebih dahulu adalah Medan-Binjai. Pasalnya, lahan di ruas ini sudah siap digarap. Nilai investasi jalan tol 7 kilometer (km) ini mencapai Rp 1,9 triliun. 
 
Selanjutnya adalah ruas jalan tol Palembang-Indralaya. Targetnya, dalam dua tahun hingga tiga tahun,HK sudah menyelesaikan pembangunan jalan tol yang memiliki panjang 22 km. Total nilai proyek ini lebih besar dibanding ruas Medan-Binjai, yakni Rp 2,4 triliun.
 
Kemudian, ada jalur bebas hambatan rute Babatan-Jatiagung. Ruas ini merupakan bagian dari ruas Bakauheni-Lampung. Jalan tol sepanjang 30 km ini menelan dana investasi hingga Rp 3 triliun. 
 
“Ruas Hangnadim-Batam akan dikerjakan terakhir karena masih butuh persiapan pembebasan lahan,” tutur Ari. 
 
Rencananya, Hutama Karya akan bersinergi dengan BUMN lain untuk mengerjakan proyek dengan total nilai sebesar Rp 25 triliun ini.
 
.

rumahku.com