PT BlueScope Bangun Rumah Tahan Gempa Untuk Yogyakarta dan Aceh

Big Banner
Pasca gempa yang melanda Aceh dan Yogyakarta, PT NS BlueScope Lysaght berencana akan membangun rumah anti  gempa dengan menggunakan rangka baja ringan. Rumah gempa tersebut menggunakan sistem load bearing wall.
 
Hal tersebut dikatakan oleh  Manajer Insinyur Tekhnik PT NS BlueScope Lysaght Indonesia, Irosa Wahyudi.
 
Irosa memaparkan rumah tahan gempa tersebut akan tetap kokoh asalkan konstruksi tanah tidak ambruk.  Perbedaan rumah gempa dengan rumah biasa, jelasnya, yaitu adanya sistem penumpu yang terdapat pada dinding dengan kolom-kolom kecil yang diikat menjadi satu menggunakan batang horizontal.
 
“Perbedaannya yaitu sistem penumpu yang terdapat pada dinding dengan kolom-kolom kecil yang diikat menjadi satu menggunakan batang horizontal,” ujarnya.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, kolom-kolom tersebut disambungkan dengan kerangka yang menyambung ke lantai, agar lebih kokoh menopang bangunan.
 
“Pada lapisan dinding, bahan yang digunakan sejenis gypsum tahan air.Dengan kerangka demikian rumah tahan gempa akan mengikuti arah gerakan gempa yang mengguncang secara horizontal pada suatu daerah,” paparnya.
 
Untuk soal harga dia mengatakan, material rangka baja ringan yang digunakan untuk membangun rumah tahan gempalebih mahal dari pada mendirikan rumah dengan konstruksi batu bata. 
 
“Namun jika memperhitungkan pondasi dan kecepatan dalam membangun, maka akan lebih murah”, tukasnya. 
 

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me