Suku Bunga KPR Naik, Modernland Optimis Penjualan Rumah Tetap Tinggi

Big Banner
PT Modernland Realty Tbk menargetkan penjualan sebesar Rp 2,7 triliun, sampai semester pertama tahun 2013. Kini Modernland telah berhasil meraih penjualan sebesar Rp 1,3 triliun. Managing Director Urban Development PT Modernland Realty Tbk, Andy K Natanael mengatakan, penjualan residential dan industrial seimbang. 
 
Menurutnya, walaupun terjadi kenaikan suku bunga KPR akibat kenaikan harga BBM bersubsidi, namun pihaknya optimistis penjualan rumah akan tetap tinggi. 
 
“Back log perumahan masih tinggi dan kenaikan suku bunga masih bisa ditoleransi calon pembeli,” ujarnya.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, kebijakan baru dari Bank Indonesia (BI), tentang pengetatan rasio pinjaman terhadap aset atau loan to value (LTV), bagi kredit pemilikan rumah (KPR), untuk KPR kedua dikenakan Down Payment (DP) 60 persen. Sedangkan, KPR ketiga dikenakan DP 50 persen.
 
Kedua hal itu, diyakini PT Modernland Realty Tbk tidak akan mempengaruhi penjualan. “Rata rata pembeli residential kita adalah first buyer, sehingga tidak berpangaruh dengan kebijakan LTV yang baru dari BI,” tutur Andy.
 
Untuk tahun ini Tahun ini, Modernland juga akan merevitalisasi lahan di area pengembangan tahap pertama perumahan Kota Modern. Optimalisasi pemanfaatan lahan tersebut dilakukan melalui pembangunan apartemen dan kondotel di area premium di sekeliling kawasan lapangan golf.
 
“Kondotel ini nanti akan dioperasikan oleh operator hotel bertaraf internasional,” tutupnya.
 

rumahku.com