PU Siapkan Rumah Tahan Gempa di 15 Provinsi

Big Banner
Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbangkim) telah menghasilkan dan menerbitkan standar melalui badan sertifikasi Negara tentang bangunan tahan gempa, hal tersebut juga sejalan dengan UU no 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Puslitbangkim Anita Firmanti dalam sebuah acara dialog ‘Obrolan PU’ di Bandung yang disiarkan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) yang juga menghadirkan guru besar Geologi ITB Masyur Irsyam, dialog tersebut membahas mengenai “Rumah Tahan Gempa”.
 
Anita menjelaskan, bahwa permasalahan yang ada adalah pada implementasi, dan hal tersebut masih terus diupayakan oleh pihaknya agar masyarakat dapat secara sukarela membuat bangunan tahan gempa.
 
“Problema terbesar di Indonesia itu implementasi, membuat peraturan itu kita sudah lewat UU tadi, yang paling penting adalah bagaimana bias diikuti oleh masyarakat secara sukarela,”tutur Anita dalam situs resmi Kementerian PU.
 
Dia menambahkan bahwa saat ini undang-undang tersebut berlaku efektif sejak 2010,  peraturan tersebut harus nya diikuti oleh pemda karena sejak otonomi daerah aturan mengenai bangunan gedung sudah dilimpahkan kepada pemerintah daerah.
 
“Khusus untuk teknologi bangunan tahan gempa, kami sudah bangun contohnya di 15 provinsi, kami bekerja sama dengan Perumnas, Pemda contohnya di Palu, menado, Lombok, kupang, Mojokerto, Jogjakarta, Cirebon dan Soreang di Bandung,” tutupnya. 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me