PU: Tiap Tahun Kita Tingkatkan Kapasitas Jalan Nasional

Big Banner
Kementerian Pekerjaan Umum (PU) selalu berupaya meningkatkan kapasitas jalan nasional setiap tahunnya. Wakil Menteri PU, Hermanto Dardak mencontohkan kapasitas jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa mulai dari Jakarta hingga Kudus, Jawa Tengah yang seluruhnya telah ditingkatkan menjadi empat lajur dilengkapi pembatas jalan berupa median.
 
“Kita mengidentifikasi kebutuhan, setiap tahunnya kita selalu meningkatkan kapasitas jalan nasional yang kita punya,” ucap Hermanto Dardak pada program Forum Bisnis, Metro TV pada Kamis (1/8) malam.
 
Untuk peningkatan jalan nasional di Jawa pada tahun ini diantaranya ialah telah dioperasionalisasikannya jalan viaduct Gentong di Jawa Barat. Jalan itu diharapkan dapat mengurai kemacetan yang selalu terjadi setiap tahunnya. Tahun sebelumnya Kementerian PU juga telah mengoperasikan Lingkar Nagrek.
 
Selain itu, ada tiga jembatan layang (fly over) yang dapat difungsikan pada arus mudik 2013. Jembatan layang itu adalah Kalibanteng di Kota Semarang, Jombor di Yogyakarta dan Peterongan di Jombang, Jawa Timur. Hermanto Dardak menyebutkan, pemudik kali ini juga sudah bisa melewati jalan tol Ungaran-Bawen di Jawa Tengah.
 
Wakil Menteri PU mengakui, ketiga fly over dan tol Ungaran-Bawen tersebut belum rampung sepenuhnya,  namun tetap difungsikan demi mendukung kelancaran arus mudik kali ini. Untuk itu, Kementerian PU telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kepolisian demi menjaga dan mengatur kendaraan yang melintasi jalan-jalan baru tersebut.
 
Kementerian PU selain menambah kapasitas jalan, juga menangani jalan melalui rehabilitasi dan rekonstruksi.
 
” Kita melakukan rekonstruksi untuk jalan yang umurnya sudah sepuluh tahun. Itu sesuai desain layanan jalan yang kita buat. Selain itu pada jalan yang umurnya lima tahun kita lakukan rehabilitasi,” ungkap Hermanto Dardak.
 
Dari 1300 km jalan di jalur pantai utara Jawa, Hermanto Dardak mengatakan terdapat 260 km jalan di lokasi berbeda yang dilakukan penanganan berupa rehabilitasi maupun rekonstruksi karena jatuh tempo setelah 10 tahun .
 

 

rumahku.com