Tahun Depan Masyarakat Bisa Beli Rumah ‘Rp1 Juta’

Big Banner
Redenominasi atau perubahan harga rupiah memang sudah lama didengung-dengungkan oleh pemerintah. Namun hingga kini wacana tersebut belum direalisasikan. 
 
Tahun 2014 mendatang pemerintah berencana menetapkan mata uang baru dan nantinya mata uang Rp1.000 akan menjadi Rp1. Jika rencana tersebut terealisasi pada tahun depan, maka seumpama masyarakat yang ingin membeli properti rumah dengan harga Rp1 miliar maka wujud mata uang yang akan dibayarkan hanya Rp1 juta namun nilainya tetap sama yakni Rp1 miliar. 
 
Berdasarkan naskah akademik RUU Perubahan Harga Rupiah atau redenominasi masyarakat bisa mulai menukarkan uang lama dengan yang baru pada hari pertama tahun 2014.Nantinya, akan ada kata ‘Baru’ dalam rupiah yang nominalnya sudah disesuaikan. Meski begitu, uang yang sekarang di saku dan dompet tetap berlaku, berdampingan dengan yang ‘Baru’.
 
“Masyarakat bisa menukar uang ‘Baru’ di bank tanpa pungutan,” ungkap naskah akademik RUU tersebut.
 
Tapi masyarakat tak perlu khawatir dengan mata uang lama yang belum ditukarkan, karena uang lama tersebut rencananya mulai dicabut paling lambat 31 Desember 2018. Kemudian, penarikan rupiah dengan kata ‘Baru’ dijadwalkan berlangsung paling lambat 31 Desember 2022. Artinya, hanya akan ada satu rupiah yang berlaku yaitu rupiah yang sudah diredenominasi tanpa kata ‘Baru’.
 
 
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me