7 Mal Baru Beroperasi di Jabodebek

Big Banner
Selama kuartal II-2013 ruang ritel di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) mengalamai peningkatan begitu juga dengan ritel sewa. 
 
Hal tersebut terjadi karena kenaikan permintaan dengan tingkat waktu yang tinggi sehingga berdampak kepada kenaikan harga jual dan tarif sewa.
 
Dari survei properti komersial yang dilakukan Bank Indonesia, yang dikutip Jumat (16/8)tercatat pasokan ritel sewa di Jabodebek pada periode ini meningkat cukup signifikan dengan mulai beroperasinya tujuh pusat perbelanjaan baru dan sebagian besar beroperasi di Bekasi. 
 
Ketujuh mal tersebut di antaranya adalah Ciputra World (Jakarta Selatan), Menteng Square (Jakarta Pusat), Pondok Indah Street Galery (Jakarta Selatan), Summarecon Mall Bekasi, Citra Grand Mall Extension (Bekasi), Grand Galaxy Mall (Bekasi) dan Bekasi Junction. 
 
Tingkat penyerapan ruang ritel sewa di Jabodebek meningkat sebesar 2,44 persen hingga mencapai 96,85 persen. Sementara harga sewa meningkat sebesar 3,07 persen dibandingkan kuartal sebelumnya menjadi Rp544.733 per meter persegi (m2). 
 
Sejalan dengan kondisi ini, sebagai dampak kenaikan tarif dasar listrik (TDL) dan upah minimum provinsi (UMP) service charge meningkat sebesar 4,5 persen dibandingkan kuartal lalu menjadi 

rumahku.com