Kemenpera Fasilitasi Pengembang Pameran Rumah Murah

Big Banner
Dalam rangka mewujudkan komitmen pemerintah untuk memperluas penyediaan rumah layak huni serta memberikan kemudahkan akses serta informasi kepada masyarakat luas, Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan Kemenpera (BLU – PPP) menyelenggarakan pameran rumah rakyat di 10 kota besar di Indonesia. Pameran yang bertajuk,”BLU – PPP Expo 2013”, diselenggarakan secara serentak mulai 18 Agustus hingga September 2013 meliputi kota Bogor, Banjarmasin, Tangerang, Makassar, Palembang, Bandung, Medan, Semarang, Pontianak serta Malang.
 
Pameran rumah rakyat ini hadir di Tangerang, Prov. Banten dan akan berakhir hingga Minggu (25/8) mendatang. Pameran yang dibuka oleh Deputi Bidang Pembiayaan Kemenpera, Sri Hartoyo diikuti oleh delapan Bank Pelaksana, Bapertarum, Perum Perumnas serta 38 pengembang yang merupakan anggota APERSI dan REI secara gratis. Dalam sambutan Menteri Perumahan Rakyat yang dibacakan oleh Deputi Bidang Pembiayaan diungkapkan bahwa pameran ini ditujukan untuk memfasilitasi komunikasi, sinergi dan sinkronisasi antar para pengembang dalam meningkatkan kualitas pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
 
Pameran yang mengambil tema,”Penyediaan Rumah layak Huni melalui Program KPR – FLPP”diharapkan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan hunian yang layak huni bagi sebagian warga di wilayah Tangerang.
 
 “Melalui pameran ini diharapkan dapat dicetuskan langkah terobosan yang inovatif pada pengembangan rancang bangun perumahan, pemanfaatan sumber daya yang efisien namun dengan harga yang terjangkau,” ungkap Sri dalam situs resmi Kemenpera (22/8).
 
Diharapkan melalui pameran ini dapat memperluas pencerahan ihwal skim KPR-FLPP bagi MBR sekaligus kemudahan untuk memperolehnya. Program KPR – FLPP merupakan hasil kerja sama Kemenpera dengan 8 Bank Umum Nasional dan 17 Bank Pembangunan Daerah. Dengan KPR- FLPP mempermudah akses pemilikan rumah bagi MBR karena suku bunga tetap selama masa tenor sebesar 7,25 persen, jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan KPR komersial.
 
Kepada Pemerintah Daerah diminta untuk dapat mendukung penyediaan rumah layak huni bagi MBR melalui kemudahan perizinan, dukungan infrastruktur, perluasan pemberian kredit serta penyediaan sertifikat bagi masyarakat. Turut hadir dalam pembukaan pameran, Direktur BTN, Direktur BRI Syariah, Ketua Umum DPP APERSI dan perwakilan dari REI.
 

 

rumahku.com