Indonesia Harus Antisipasi Krisis Perumahan

Big Banner
Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mengatakan Indonesia perlu mengantisipasi adanya krisis perumahan apabila kebutuhan rumah masyarakatnya tidak tertangani dengan baik. Untuk itu, dia meminta seluruh para pemangku kepentingan di bidang perumahan, untuk meningkatkan kerja keras   dalam mewujudkan pembangunan perumahan yang layak huni dan terjangkau, mewujudkan kawasan permukiman yang berimbang,  serta mewujudkan kota bebas rumah tidak layak huni.
 
“Tingginya permintaan akan rumah yang terus meningkat pada tahun-tahun mendatang apabila  tidak kita tangani dengan sungguh-sungguh akan mengarah pada krisis perumahan di Indonesia. Seluruh pihak perlu mengantisipasi timbulnya krisis perumahan di Indonesia,” ujar Menpera Djan Faridz dalam situs resmi Kemenpera, (28/8).
 
Djan mengungkapkan, dampak krisis perumahan akan menimbulkan efek berantai terhadap Indeks Pembangunan Manusia Indonesia (human development index) dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Untuk itu, kerjasama dan peran serta aktif dari para pemangku kepentingan di bidang perumahan untuk meningkatkan kerja keras dalam mewujudkan pembangunan perumahan yang layak huni dan terjangkau serta mewujudkan kawasan permukiman yang berimbang dan  kota bebas rumah tidak layak huni sangatlah dibutuhkan.
 
“Kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan dan kawasan permukiman baik pemerintah pusat, pemda, pengembang, perbankan dan masyarakat umum sangat dibutuhkan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi juga meningkatkan kesejahteraan rakyat di seluruh tanah air,” imbuhnya.
 
Lebih lanjut, Menpera menerangkan, masalah perumahan juga menjadi salah satu fokus kegiatan dari PBB. Pelapor Khusus PBB, Requel Rolnik saat bertemu dirinya di Kantor Kemenpera tanggal 30 Mei 2013 lalu bahkan menyatakan bahwa Hak atas rumah yang layak huni adalah pintu masuk bagi seseorang untuk mendapatkan hak asasi lainnya seperti kesehatan, pekerjaan, pendidikan dan kebebasan bereskpresi. 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me