Harga Apartemen Terus Naik Hingga Akhir Tahun

Big Banner
Harga apartemen seluruh segmen selama semester I 2013, mengalami kenaikan secara signifikan, rata-rata 38,56 persen lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu. Berdasarkan hasil riset Leads Property Indonesia, pertumbuhan harga kuartal II 2013 merupakan yang tertinggi, yakni 9,13 persen dibanding kuartal I.  Di luar CBD, apartemen di wilayah Timur Jakarta mencatat lonjakan harga paling signifikan sebesar 14,88 persen per kuartal yakni Rp 14,2 juta per meter persegi atau 37,36 persen bila dikomparasikan dengan harga jual tahun lalu. 
 
Seperti yang dilansir Kompas.com sementara kawasan pusat bisnis terpadu (commercial business district/CBD) tetap mempertahankan performanya pada kondisi stabil menanjak. Harga  apartemen di CBD menembus angka Rp 34,5 juta per meter persegi dengan pertumbuhan 11,18 persen per triwulanan dan 43,72 persen per tahun. 
 
“Pertumbuhan positif akan terus berlanjut pada semester dua hingga akhir tahun nanti. Baik pertumbuhan pasok, permintaan maupun harga,” ujar CEO Leads Property Indonesia, Hendra Hartono. 
 
Menurut Hendra pertumbuhan pasok akan datang secara merata dari seluruh wilayah Jakarta. Sementara pertumbuhan permintaan akan terjadi di wilayah barat Jakarta dengan persentase mencapai 3 persen per kuartal dan lonjakan harga akan terasa di timur Jakarta.
 
Data Leads menunjukkan, harga aktual apartemen kelas menengah bawah sudah berada pada level Rp 14,5 juta per meter persegi, kelas menengah dan menengah ke atas serentang Rp 15 juta-Rp 23 juta per meter persegi. Sedangkan apartemen kelas atas melesat ke angka Rp 23 juta-Rp 30 juta meter persegi.
 
Selain apartemen kelas atas, lanjut Hendra, Jakarta juga diwarnai fenomena apartemen mewah. Harga jual rerata apartemen yang ditawarkan secara eksklusif ini mencapai lebih dari Rp 35 juta per meter persegi. 
 
Melejitnya harga jual apartemen tak lain disebabkan oleh beberapa faktor. Selain didorong pertumbuhan permintaan baik dari end user maupun investor, keterbatasan pasok (apartemen eksisting baru 90.000 unit), juga harga lahan, khususnya di lokasi-lokasi strategis.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me