Politik Perumahan Tak Bisa Lepas Dari Ekonomi Pasar

Big Banner
Kepala Pusat Kajian Kebijakan Perumahan Rakyat (Pusperkim) Universitas Gadjah Mada Budi Prayitno mengatakan, perkembangan ekonomi berimplikasi terhadap negara kesejahteraan dalam mewujudkan pemenuhan hak dasar warganya atas papan. Sehingga politik perumahan tidak bisa lepas dari ekonomi pasar yang mempunyai kerentanan terhadap lepasnya kebijakan perumahan rakyat dalam dominasi kekuatan pasar demi kepentingan kapital.
 
” Untuk itu kehadiran negara sangat diharapkan mampu mendayagunakan kekuatan pasar dan kapital untuk memenuhi kesejahteraan atas papan,” katanya di Jakarta, (16/1).
 
Perumahan rakyat, lanjutnya, merupakan sektor publik yang penanganannya harus dilakukan melalui tata kelola yang efektif terhadap sumber daya perumahan berupa tanah, infrastruktur, kelembagaan, dan pembiayaan.
 
” Intervensi kebijakan pemerintah tidak cukup hanya dilakukan sebatas pengendalian pasar perumahan sebagai produk kommoditas tetapi lebih pada pegaturan dan pengendalian sistem penyediaan perumahan yang mampu menjamin efektivitas pengelolaan sumberdaya perumahan.
 
Semua ini, tambah Budi, untuk menjawab krisis perumahan yang tidak bisa diselesaikan secara ‘as business as usual’ tetapi harus berparadigma akseleratif dan inovatif dan satu-satunya jawaban adalah mendorong kebijakan industri perumahan baik untuk sistem penyediaa rumah umum, swadaya dan sosial maupun perumahan komersial. 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me