Atasi Banjir, Waduk Bukan Solusi yang Pintar

Big Banner
Guru Besar Teknik Arsitektur Universitas Indonesia, Gunawan Tjahjono mengatakan, pembuatan waduk untuk mengurangi banjir khususnya di Jakarta menurutnya bukan solusi yang pintar. 
 
Menurutnya air hujan justru harus memiliki penampungan yang baik sehingga air tidak terbuang percuma dan mengakibatkan banjir. 
 
” Tata kelola air harus juga dibenahi. Kalau buat saya air itu berkah. Negara Singapur yang bisa jadi contoh dalam pengelolaan air,” katanya di Jakarta, (1/3). 
 
Cina, lanjutnya, juga membuat bendungan yang sangat besar untuk mengelola air. Jadi menurutnya, air itu justru harus dipanen bukan dibiarkan lari ke laut. 
 
“Untuk Jakarta harus ada visi yang baik, kalau normalisasi waduk ya sama saja membuang air. Bersahabat baiklah dengan air,” jelasnya.
 
Gunawan menambahkan, untuk rumah yang berada di kawasan banjir harus siap membuat penampungan yang besar untuk mengurangi jumlah air saat banjir. 
 
“Harus siap menampung air, kan talang itu bisa dibesarkan jadi tong penampungan. Di australia mereka yang kekurangan hujan mereka menampung betul itu (air hujan),” tambahnya. 
 
 
 
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me