Trik Membeli Tanah di Kawasan Berkembang

Big Banner
Membeli tanah di kawasan berkembang, dimanapun kotanya bisa dipastikan menguntungkan dari segi investasi. Tanah sebagai instrumen investasi terbukti memiliki keunggulan berbanding investasi lain, karena makin terbatasnya lahan berbanding peminat.
 
Keuntungan bisa didapatkan dari kenaikan progresif nilai tiap tahun. Bisa pula dari pemanfaatan tanah tersebut untuk fungsi komersial yang lebih produktif. Namun sayangnya, untuk membeli tanah di kawasan berkembang lumrahnya akan mendapat saingan dari para spekulan tanah bermodal besar. Memerlukan kecerdikan agar tepat investasinya.
 
Guna memastikan keputusan membeli tanah di kawasan berkembang menghasilkan keuntungan investasi, berikut ini adalah beberapa kiatnya, seperti dikutip dalam laman Property Today:
 
  • Carilah lokasi tanah dengan harga miring dan pembayarannya berjangka panjang. Apakah ada tanah jenis itu? Ya, ada.

    Penyebabnya bisa bermacam-macam, proses turun waris dari para pemegang haknya, salah satunya. Atau bisa juga karena luasan lahannya berkategori besar, mecapai puluhan ribu meter. 
     

  • Belilah tanah yang justru masih berupa leter C, petok D, atau sejenisnya, bukan yang telah berserftifikat. Tanah yang masih leter C petok D, atau sejenisnya, dengan sendirinya memerlukan jangka waktu 6 bulan sekurangnya untuk terbit sertifikat. Apalagi jika tanah leter C tersebut masih berstatus sawah basah, mengurus pengeringannya hingga jadi Sertifikat Hak Milik Pekarangan (SHMP) bahkan memakan waktu kurang lebih 1 tahun. 
     
  • Carilah tanah yang merupakan area penyangga dari kawasan utama di area baru yang sedang berkembang. Ada saja area penyangga yang belum tergarap infrastrukturnya dengan baik namun berdekatan dengan kawasan utama yang berkembang.
     
  • Jika memliki dukungan dana cukup, pilihlah tanah di kawasan berkembang yang paling strategis lokasinya. Tepat di area utama kawasan berkembang tersebut. Meski harga perolehannya sudah lebih tinggi dibanding sekitarnya, tetapi lokasi strategisnya tetap akan mendongkrak harga. 
 
Beberapa kiat membeli tanah di atas berisi sebagian saja dari strategi umum yang dapat dijadikan pertimbangan beli tanah di kawasan berkembang. Masih banyak sebab serta keadaan lain yang memungkinkan investor memetik keuntungan. Pada dasarnya, membeli tanah tak ada ruginya sama sekali, dimanapun lokasinya.
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me