Dinas Perumahan Siap Presentasikan Kajian Kampung Deret Ke Jokowi

Big Banner

JAKARTA-Kepala Dinas Perumahan Novizal mengklaim timnya sudah selesai melakukan pengkajian awal konsep kampung deret yang ditujukan untuk membenahi pemukiman di pinggir kali. Ia merencanakan hasil pengkajian itu akan dipresentasikan ke Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pekan depan.

“Kita kan sudah diberi waktu seminggu oleh pak gubernur untuk mengkaji, nah itu sudah dilakukan. Pekan depan rencananya akan kami sampaikan ke beliau hasil pengakajiannya,”ujar Novizal menjelaskan kepada Tempo, Sabtu, 20 Oktober 2012.

Novizal mengaku belum bisa mengungkap hasil kajian itu kepada Tempo sekarang. Pasalnya, Jokowi harus tahu lebih dahulu baru setelahnya bisa diungkapkan ke media atau publik. Lagipula, kata Novizal, Jokowi lah yang meminta konsep kampung deret itu dikaji usai mengunjungi pemukiman di Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Meski tidak mau mengungkapkan hasil kajian, Novizal mengatakan bahwa pada dasarnya pembangunan kampung deret membutuhkan persiapan yang sangat matang agar bisa terealisasi. Adapun alasannya, pembangunan kampung deret tak mengikuti perencanaan tata kota yang telah ada. “Terlebih lagi lokasinya di pinggir kali.”

Novizal mengatakan, beberapa hal yang harus yang harus dipersiapkan secara matang dalam pembangunan kampung deret meliputi normalisasi kali, jalan inspeksi, dan jalur hijau. Untuk normalisasi kali dan jalan inspeksi misalnya, kata Novizal, harus ada penghitungan yang matang terkait lebar kali dan jalur inspeksi agar sisa lahan mencukupi untuk kampung deret.

“Untuk Bukti Duri, di dekat situ kan ada depo kereta api, jadi pembagian lahannya harus diperhitungkan matang matang,”ujar Novizal menegaskan.

Terakhir, Novizal mengatakan, misalkan rencana kampung deret ini terealisasi, proses pembangunannya akan memakan waktu cukup lama, terutama perencanaan teknis yang memakan waktu kurang lebih enam bulan. Namun ia tak menyebutkan perkiraan kapan kampung deret bisa mulai dibangun.

ISTMAN MP

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me