Dua Pasang Capres Dukung Kepemilikan Properti Oleh Warga Asing

Big Banner
Sampai dengan saat ini pemerintah masih melarang Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia untuk memiliki properti. Namun kedua pasangan Capres dan cawapres Prabowo-Hatta dan Jokowi-Jusuf Kalla menyatakan dukungannya pada kebijakan kepemilikan properti oleh warga negara asing. 
 
Pada diskusi “Capres Bicara Rumah Rakyat” tim sukses Jokowi-JK menyatakan akan memberi kesempatan warga asing untuk memiliki properti di Indonesia, namun ada beberapa batasan yang harus diberlakukan yakni soal harga dan luas lahan. 
 
“Kita mendorong kepemilikan properti asing, tapi ada batasan seperti luas dan harga. harga juga harus di atas Rp 2,5 miliar,” kata timses Jokowi-JK, Setyo Maharso, di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (30/6). 
 
Sedangkan pada kubu Jokowi-JK, lanjut Setyo, tetap akan memprioritaskan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
 
“Jadi buat rakyat yang belum punya rumah, masih ada harapan,” ucapnya. 
 
Sementara itu pada kesempatan yang sama, timses kubu Prabowo-Hatta mengaku, dalam menerapkan kebijakan tersebut pemerintah wajib memastikan adanya sistem keadilan dan tidak hanya fokus pada pertumbuhan harga. 
 
“Pemerintah tidak bisa melepas begitu saja. Kami membuka kesempatan untuk itu (kepemilikan asing) melalui pertumbuhan harga. Tapi di sisi lain terdapat juga azas kesamarataan,” ungkap timses Prabowo-Hatta, Drajat Wibowo. 
 
Selain itu, Enggartiasto Lukita yang juga sebagai timses Jokowi-JK menambahkan, nantinya akan dibuat zona tertentu untuk properti asing, yang dipisahkan dengan kawasan hunian bagi masyarakat kelas menengah. 
 
“Tapi kita juga tidak bisa memaksakan kondisi masyarakat. Kalau memang dia tidak mempunyai kemampuan untuk membeli, ya kita sediakan rusunawa (rumah susun sewa) yang layak bagi mereka,” tambahnya.
 
 
 
 
Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com!

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me