Lahan Menipis, Reklamasi Pantai Solusinya

Big Banner
Meningkatnya jumlah permintaan akan hunian serta semakin bertambahnya jumlah keluarga baru, tidak didukung dengan ketersediaan lahan tempat tinggal khususnya di Jakarta. Beny Agus Chandra selaku perwakilan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI mengatakan, salah satu solusi untuk menopang kekurangan lahan tersebut adalah dengan melakukan reklamasi pantai utara Jakarta. 
 
“Reklamasi menjadi solusi dan kata kunci dalam mengatasi terbatasnya lahan di Jakarta untuk pengembangan hunian dan fasilitas komersial,” jelasnya seperti dikutip dalam laman jktproperti, Sabtu (12/7). 
 
Menurut Benny semakin bertambahnya jumlah penduduk, kawasan selatan pun tak mampu menampung jumlah permintaan hunian dan fasilitas baru. Selain Jakarta Selatan, lanjut dia, lahan di Jakarta Utara juga sangat terbatas sehingga pengembangan infrastruktur tidak dapat dilakukan. 
 
“Padahal kawasan Jakarta Utara merupakan salah satu pusat aktifitas perekonomian nasional. Di sana terdapat pelabuhan besar, pergudangan dan kontainer. Solusinya ya memang harus dengan reklamasi,” tambah Benny. 
 
Lebih lanjut Benny menjabarkan, reklamasi dapat dilakukan hingga sejauh 32 km dari bibir pantai sehingga akan didapat daratan baru cukup luas untuk mengakomodir pembangunan yang akan terus berlangsung. 
 
“Semua negara sukses melakukan reklamasi dan menjadikan kawasan reklamasinya lebih bernilai. Saya kira Jakarta bisa jadi model reklamasi bagi wilayah lainnya,” tutupnya.

 

 
Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com!

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me