IPW: Masih Perlukah Posisi Menpera?

Big Banner
Ketidakjelasan kebijakan dan sepak terjang Kementerian Perumahan Rakyat saat ini membuat sebagian kalangan mempertanyakan apakah posisi Kementerian ini masih harus dipertahankan. Indonesia Property Watch (IPW) menyebutkan, program-program kementerian banyak menjadi gunjingan di kalangan pelaku pasar dan bisnis properti dan perumahan karena dianggap kontra produktif dengan kondisi pasar yang ada.
 
“Melihat lebih jauh peran Menpera saat ini hampir dapat dikatakan tidak ada program atau kebijakan strategis yang dapat dilaksanakan sampai sejauh ini. Program untuk merumahkan rakyat melalui program FLPP tidak juga memperlihatkan penyerapan yang baik,” kata Direktur eksekutif IPW, Ali Tranghanda seperti dikutip dalam laman IPW, Jumat (15/8). 
 
Sementara itu IPW menilai program hunian perkotaan melalui istilah Rusunami (rumah susun sederhana milik) pun tidak kunjung dapat direalisasikan dengan baik. Bahkan, penetapan penghapusan PPN (Pajak Pertamabahan Nilai) untuk harga RST (Rumah Sederhana Tapak) yang dikhususkan untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) pun seakan-akan tidak memperlihatkan koordinasi yang baik antara Kemenpera dan Kementrian Keuangan sehingga terkesan kebijakan yang ada selalu terlambat. 
 
“Terakhir masalah hunian berimbang yang membuat Menpera melaporkan para pengembang yang dianggap tidak mematuhi UU mengenai Hunian Berimbang,” ucap Ali. 
 
Lebih lanjut, Ali mengatakan, hal ini yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa tidak perlu lagi ada Kemenpera di pemerintahan karena tidak berfungsi dengan baik. 
 
“Apakah benar demikian? Bila kita telaah lebih jauh yang menjadi permasalahan adalah ketika program-program pemerintah tidak dapat berjalan karena tidak ada lembaga yang dapat melakukan fungsi koordinasi sekaligus eksekutor di lapangan,” ujarnya.  

 

 
Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com!

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me