Apersi: Pengembang Tak Bisa Lagi Bangun Rumah Murah

Big Banner
Ketua DPD APERSI DKI Jakarta Ari Tri Priyono mengatakan, harga rumah di kawasan Jadebotabek (Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi) sudah makin tak terkendali. Bahkan dia menyebut rumah di kawasan tersebut hanya bisa dinikmati orang kaya pasalnya harga rumah yang semakin melejit. 
 
“Sekarang kami tidak bisa memproduksi rumah murah lagi, karena berbagai kendala. Kendala utama adalah harga lahan yang semakin tinggi. Sekarang sangat sulit untuk mendapatkan lahan seharga Rp50.000 hingga Rp100.000 per meter persegi. Dengan harga sebesar itu, kami masih bisa menjual rumah senilai Rp200 jutaan untuk tipe 36. Itu dulu. Kini tidak bisa lagi,” ujarnya seperti dikutip dalam laman Solusiproperti.  
 
Ari memaparkan, kondisi sekarang sudah berbeda jauh. Dia menyebut, harga lahan termurah saja sudah mencapai Rp200.000 hingga Rp300.000 per meter persegi. Itu pun di pinggiran atau jauh dari pusat kota seperti, Kalisuren, Kabupaten Bogor. 
 
“Dengan asumsi harga konstruksi mencapai Rp 4 juta per meter persegi, maka harga produksi rumah tipe 36/72 akan senilai Rp 162 juta. Jika ditambah perizinan, promosi, sertifikat, dan lain-lain, serta margin keuntungan, maka harga jual akan menjadi sekitar Rp 300 juta hingga Rp 450 juta per unit. Jadi sangat sulit untuk membangun rumah terjangkau, apalagi rumah subsidi,” tandas Ari. 
 
Adapun dia mengatakan, kendala selanjutnya adalah regulasi yang tak sama di setiap kawasan dalam Jadebotabek. Ari mencontohkan di daerah Depok pengembang dilarang membangun rumah dengan luas kavling di bawah 120 meter persegi. Sementara harga lahan di Depok sudah mencapai sekitar Rp500.000 per meter persegi. Dengan demikian, ongkos produksi rumah tipe 36/120 akan menembus angka Rp204 juta. 
 
“Ongkos produksi saja sudah segitu, maka kami harus menjualnya tentu lebih tinggi lagi yakni sekitar Rp 500 juta – Rp600 juta. Nah, pertanyaannya siapa yang mampu membeli rumah dengan harga setinggi itu?” paparnya. 

 

 
Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com!

 

rumahku.com