Jokowi-JK Akan Fokus Pada Pembangunan Rusunami dan Rusunawa

Big Banner

Pembangunan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) menjadi prioritas Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) saat resmi memimpin negeri ini nanti. Keduanya pun menargetkan pembangunan rumah susun milik (rusunami) dan rumah susun sewa (rusunawa) untuk kalangan MBR.

Hal ini diungkapkan oleh Enggartiasto Lukita selaku Tim Transisi Jokowi-JK sektor perumahan dan properti saat acara penganugerahan Properti Indonesia Awards 2014 yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (27/8) kemarin.

“Membangun rumah rakyat adalah sebuah hal yang krusial dan itu akan menjadi prioritas dengan target sasaran adalah mereka yang tidak punya rumah, nelayan dan pengentasan rumah kumuh,” jelas Enggar, seperti dilansir dari laman Kompas, Jum’at (29/8).

Berdasarkan prioritas tersebut, Enggar menambahkan, sudah seharusnya kedua sisi pasokan dan permintaan harus didorong. Misalnya dengan mendayagunakan lahan yang tidak produktif yang menjadi milik negara dan milik BUMN dari sisi pasokan. Sedangkan dari sisi permintaan, Jokowi-JK akan menggalakan fasilitas subsidi sejenis Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Lebih lanjut Enggar menambahkan, pihaknya akan berkonsolidasi dengan BUMN. Namun faktor terpenting saat ini adalah membahas pendayagunaan tanah negara. Pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan BUMN, karena menurut Enggar, jika proyek ini serahkan kepada swasta bisa jadi ke depannya akan timbul masalah dan kesulitan.

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga,GRATIS di Rumahku.com!

rumahku.com