Lahan Dampak Lumpur Lapindo Akan Dijadikan Taman Wisata Oleh Pemerintah

Big Banner

Luapan lumpur panas Lapindo yang terjadi di Sidoarjo, Jawa Timur, kini hanya masih menyisakan tanah dan lumpur yang tak ada habisnya. Daerah yang dulunya berupa pemukiman warga dan fasilitas umum kini semua itu tertutup oleh lumpur Lapindo.  

Lahan yang menjadi korban akibat lumpur Lapindo ini pun akhirnya menjadi tanggungan PT Minarak Lapindo Jaya dan sebagian lagi menjadi tanggungan pemerintah karena dianggap menjadi bencana nasional.

Lahan yang dibeli oleh pemerintah akan dikelola menjadi sebuah wisata geologi. Hal ini disampaikan oleh Direktur Perkotaan Ditjen Penataan Ruang Kementrian Pekerjaan Umum, Dadang Rukmana. 

“Kita rencananya mau jadikan geological park. Nantinya bisa jadi tempat wisata,” papar Dadang, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Dadang menambahkan, hal seperti ini juga dilakukan oleh pemerintah negara-negara luar negeri. Daerah yang menjadi lahan dampak bencana alam akan dialihfungsikan menjadi sebuah tempat wisata. Hal ini biasa disebut dengan istilah geological park alias tempat wisata yang didirikan di lahan bencana alam. Bahkan sekarang ini, lumpur yang dialihkan ke lautan telah mengendap dan membentuk sebuah pulau kecil.

“Di Sidoarjo itu sudah kita tanami mangrove (bakau). Banyak yang mancing juga disana. Nanti kalau sudah settled baru kita bicarakan ini,” tutup Dadang.

 

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga,GRATIS di Rumahku.com!

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me