Ahok Ragu Dengan Pembangunan Giant Sea Wall di Teluk Jakarta

Big Banner

Pembangunan bendungan raksasa di teluk Jakarta mulai menuai keraguan dari kalangan akademisi dan masyarakat ibukota. Bahkan, belakangan ini Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mulai tidak percaya diri untuk melanjutkan proyek ini. 

Keraguan Ahok ini bermula dari pengaplikasian hal serupa di Korea Selatan dimana pada akhirnya kondisi bendungan di negeri Ginseng tersebut akhirnya malah tercemar.

Proyek bendungan raksasa, giant sea wall ini bernilai Rp 250 Triliun, sehingga dapat dibayangkan bagaimana jadinya jika proyek bendungan raksasa ini mengalami kegagalan seperti Korea Selatan. Apalagi pemerintah berniat menjadikan bendungan ini sebagai penahan gelombang laut dan juga tempat penampungan bahan baku air minum.

Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Periklanan, Abdul Halim, memberikan pandangannya terhadap rencana proyek giant sea wall ini. Halim menuturkan jika Teluk Jakarta adalah muara dari 13 sungai, sehingga akan memperbesar kemungkinan pencemaran di Teluk Jakarta, seperti kejadian yang menimpa Korea Selatan.

“Nilai ekologis, ekonomis dan sosial ekosistem pesisir sub-tropis tidaklah setinggi nilai ekosistem pesisir tropis. Karena itu, pendekatan reklamasi dan pembangunan tembok raksasa di Teluk Jakarta juga tidak relevan dan lemah secara argumentasi ketika harus mengorbankan ekosistem pesisirnya,” ujar Halim, seperti informasi yang dirangkum oleh Rumahku.com.
 

Halim juga membandingkan penerapan keberhasilan di negara Belanda dengan apa yang akan dilakukan di Jakarta nantinya. Perbedaan ekosistem sub-tropis di Belanda dinilai cocok untuk menerapkan proyek bendungan raksasa, namun tidak untuk DKI Jakarta.

 

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga,GRATIS di Rumahku.com!

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me