Properti di Indonesia Jadi Primadona Investasi Asing

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Vietnam, Indonesia dan Philipine (VIP) merupakan tiga negara Asia Tenggara yang mengalami pertumbuhan ekonomi khususnya properti paling signifikan. Dengan populasi 430 juta jiwa, gross domestic product (GDP) tiga negara ini tumbuh rata-rata 6-7 persen per tahun sejak 2008-2013.

David Cheadle (Managing Director Cushman & Wakefield Indonesia)

David Cheadle (Managing Director
Cushman & Wakefield Indonesia)

“Bila diasumsikan sebagai negara, VIP akan menempati posisi 12 besar ekonomi di dunia, pertumbuhannya bersaing dengan Brazil, Rusia, India, China, South Africa (BRICS),” ujar David Cheadle, Managing Director Cushman & Wakefield Indonesia, pada acara publikasi Emerging Hotspots: The Rise of The VIP, di Jakarta, Selasa (14/10).

Karena itu VIP sangat berpotensi membentuk kelompok konsumen dengan daya beli tinggi. Cheadle meramalkan pada tahun 2010-2025 total pertumbuhan VIP  bisa mencapai 398 persen. Ini di atas  pertumbuhan China (381 persen), India (183 persen), AS (95 persen), dan Jepang (22 persen). Ongkos tenaga kerja di tiga negara VIP juga murah. Paling murah Indonesia 0,44 dolar AS, disusul Vietnam 1,33 dolar, India 1,53 dolar, Philipine 2,16 dollar, Cina 2,58 dollar.

Dengan kondisi seperti ini prospek investasi di VIP  sangat menjanjikan. Tiga negara ini menjadi pilar-pilar utama pertumbuhan kawasan Asia Pasifik selama lima tahun terakhir. Apabila tren pertumbuhan ini terus berlanjut maka VIP akan menjadi kelompok ekonomi kuat di kawasan.  Kelas menengah akan tumbuh lebih mapan dengan tingkat pendapatan semakin tinggi. “Hingga tahun 2025 VIP memiliki kemampuan belanja sangat tinggi, hampir 40 persen dari populasinya punya kemampuan belanja melebihi kebutuhan dasarnya,” imbuhnya.

Cheadle menyebutkan, perusahaan asing yang berinvestasi di sektor properti juga akan terus meningkat. Khusus sektor property, Indonesia menjadi primadona dibandingkan Vietnam dan Philipine. “Jika tahun 2006-2009 investasi asing sektor properti di Indonesia porsinya sama dengan dua negara lainya,  pada periode 2010-2013 Indonesia lebih tinggi dari Philipine dan Vietnam,” ujarnya.

Editor: H. Prasojo

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me