Harga Apartemen Sekitar Bandara Naik Tajam

Housing-Estate.com, Jakarta – Tingginya perjalanan menggunakan pesawat menyuburkan perkembangan properti di sekitar bandara. Tahun 2013 jumlah penumpang yang terbang melalui Bandara Soekarno Hatta sekitar 60 juta orang. Tahun ini diperkirakan mencapai 64 juta penumpang atau lebih 5 juta orang/bulan. Meledaknya jumlah penumpang pesawat ini mendorong tumbuhnya beragam bisnis di sekitar bandara.

Dua tahun terakhir permintaan ruang komersial, hotel, perkantoran, perumahan, dan apartemen di dekat bandara cukup tinggi. Akibatnya harga properti di kawasan tersebut naik cukup tinggi.  Apartemen Aeropolis yang dikembangkan PT Intiland Development Tbk di Jl Marsekal Suryadarma, sekitar 1 km dari bandara, dalam dua tahun harganya naik sekitar 200 persen. Unit hunian ukuran 12 m2 yang dulu dijual Rp90 juta sekarang di pasar seken harganya Rp180 juta.

Foto Aeropolis

“Harga tanah di sekitar sini juga naiknya luar biasa, sekarang sekitar Rp10 juta/m2, makanya kita di-support penuh oleh Pemda karena meningkatkan PAD mereka,” tandas Didit Riyanto, Direktur Intiland, kepada housing-estate.com di sela-sela acara pemancangan tiang (ground breaking) tower 5 Apartemen  Aeropolis 3, Selasa (9/9), di Jakarta.

Apartemen  Aeropolis (AR) yang akan dikembangkan di kawasan seluas 105 ha,  dibangun dalam beberapa tahap. Tahap pertama dibangun AR 1 & 2 sebanyak 11 tower. Dari 1.400 unit yang sudah terjual, 600 unit sudah dihuni. AR 3 yang sudah dimulai pembangunannya terdiri atas 3 tower, masing-masing tower 482 unit.

Menurut Suhendro Prabowo, Chief Operating Officer (COO)  Intiland, tower 1 & 2 sudah habis. “Kita sekarang memasarkan tower 3, sudah terjual 80 persen, tipe 14 m2 harganya Rp161 juta,” ujar Suhendro.

Suhendro mengakui pengembangan AR yang cukup cepat karena pengaruh mobilitas orang yang cukup besar melalui bandara. Sekarang bandara dan wilayah sekitarnya menjadi kawasan sangat strategis.  Orang mengincar untuk membuka usaha termasuk bertempat tinggal.  “Sekarang mau ke Semarang bisa lebih cepat daripada ke Jl Sudirman (Jakarta), mau kirim apapun ke kota-kota besar juga lebih cepat,” imbuhnya. Yudis

housing.estate.com