Ini Dia Apartemen Termahal Sejagat

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Monaco, kerajaan kecil  di daratan Perancis yang sohor dengan lintasan F1 dan keluarga kerajaan yang amat dicintai warganya, kini mencatatkan rekor baru. Sebuah apartemen di negeri itu disebut-sebut sebagai yang termahal sejagat. Dilaporkan, unit apartemen seluas 3.530 m2 dipasarkan seharga 300 juta Euro atau lebih dari Rp4,63 triliun. Unit tersebut merupakan sky penthouse di puncak menara apartemen Tour Odeon yang memiliki ketinggian 170 meter.  Apartemen ini akan menjadi gedung tertinggi di Monaco.

odeon1

Penthouse tersebut terdiri atas lima lantai. Selain dilengkapi dengan infinity pool plus water slide, apartemen lima kamar ini memiliki dapur di setiap lantai, sebuah bioskop privat, dan ruang sauna. Jendelanya dibuat setinggi langit-langit dan memiliki balkon menghadap langsung Laut Mediterania.

Dibangun oleh Groupe Marzocco, The Tour Odeon hanya memiliki 70 unit yang berukuran luas. Di samping tipe sky penthouse, apartemen ini juga menawarkan tipe satu hingga lima kamar tidur, serta tipe sky duplex. Fasilitasnya super mewah, antara lain kesehatan, sejumlah kolam renang, layanan katering, dan supir yang siap 24 jam dalam seminggu.

odeon2

Pembangunan calon gedung tertinggi kedua sekawasan mediterania ini dijadwalkan rampung September 2015. Apartemen ini sempat terkendala perizinan ketinggian. Ketika negara ini masih dipimpin Pangeran Rainier, izin hanya diberikan jika ketinggian apartemen ini dipangkas separuhnya karena dikhawatirkan mengganggu lansekap di tepi pantai yang sudah menjadi ciri negara tersebut. Tetapi ketika sang anak, Albert, menjadi pengganti sang ayah pada tahun 2009, izin diberikan dengan ketinggian sesuai rencana.  Walau begitu, pembangunan pencakar langit ini sebenarnya masih ditentang oleh sebagian penduduk Beausoleil, kota terdekat yang berada di negara tetangga, Perancis. Mereka menilai, gedung ini mengganggu pemandangan dari kota ke arah laut.

Dengan segala kemewahan yang ditawarkan, unit-unit di apartemen ini diincar sejumlah warga superkaya dunia. Properti di wilayah kerajaan kecil tapi kaya di Eropa barat ini memang sudah lama diminati mereka yang masuk kategori ultra high net worth individual (UHNWI), sebagai aset investasi. Apartemen lain yang bisa dibilang sebagai “pesaing” adalah One Hyde Park, London. Salah satu unit penthouse-nya yang berluas 1.500 m2, pada Mei lalu terjual seharga 230 juta dolar AS (Rp2,7 triliun). Lainnya adalah sebuah apartemen mewah di Mont Vert, Hong Kong, dan diyakini sebagai apartemen termahal se-Asia dari segi harga per meter persegi, yang terjual seharga 109 juta dolar AS (Rp1,3 triliun).

odeon3

Berdasarkan 2013 Asia-Pacific Wealth Report, kalangan UHNWI ini menyukai berinvestasi ke segala penjuru dunia. Dan belakangan, warga super kaya Tiongkok terhitung sebagai the high-profile international investors alias investor yang paling mencari aset bernilai triliunan rupiah itu di manca negara. Mereka terutama menyukai properti residensial di daerah mewah Eropa, macam London, Swiss atau Monaco.  Nta

(Sumber: Property Report)

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me