Mittal Beli Gunung di Inggris

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Dengan status sebagai miliuner sepertinya membuat seseorang bisa beli apa saja yang diinginkan. Begitulah yang terjadi dengan Laksmi Mittal, pemilik pabrik baja dan bisnis tambang yang berbasis di Luxembourg. CEO Arcellor Mittal yang keturunan India ini baru saja membeli sebuah gunung di Inggris, Blencathra, senilai 2,9 juta dolar AS atau sekitar Rp34 miliar.

mittal-blencathra

Properti yang dibeli orang terkaya di urutan 63 versi majalah Forbes itu tepatnya berlokasi di Distrik Lake, Cumbria, Inggris Utara dan memiliki luas 1.083 hektar.  Dikenal juga dengan nama Saddelback, gunung ini dikelilingi oleh pedesaan klasik khas Negeri Inggris, dan sebuah danau jernih.

Gunung ini sebelumnya dimiliki oleh Hugh Lowther, 8th Earl of Lonsdale. Pada Mei lalu, bangsawan Inggris ini menjualnya, termasuk properti lain miliknya, yaitu Lordship of the Manor of Threlkeld.  Sebelum resmi beralih ke Mittal, sekelompok masyarakat  lokal sempat menentang transaksi penjualan tersebut. Mereka menginginkan gunung tersebut menjadi tanah milik publik. Maklum, menurut penduduk setempat, sang pemilik baru bakal melarang siapapun untuk berada dekat-dekat propertinya tersebut.  Bahkan untuk itu, mereka sempat menawar dan memohon kepada Lowther untuk mau menyerahkan lahannya untuk fasilitas publik. Namun sang pemilik memilih menjualnya kepada Mittal. Menurut informasi, penjualan dua propertinya itu guna membayar hutang tagihan pajaknya, sebesar 10 juta dolar AS atau sebesar Rp117 miliar.

Tak terungkap alasan Mittal membeli gunung tersebut. Tapi perlu diketahui bahwa area gunung ini sempat menjadi area pertambangan bijih besi pada dua abad silam. Kini tambang tua itu memang sudah tidak lagi beroperasi. Nta

(Sumber: Forbes)

 

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me