Bojonegoro Akan Punya Empat Hotel Berbintang

Big Banner

BOJONEGORO–Sebentar lagi, Bojonegoro akan berdiri empat hotel berbintang, yang belum pernah ada di kabupaten ini. Pembangunan hotel ini diyakini bisa mendukung pengembangan produksi minyak dan gas di Blok Cepu pada 10 tahun ke depan.

Empat hotel berbintang tersebut, kini tengah mengajukan proses perizinan. Dijadwalkan pada dua hingga tiga tahun ke depan empat hotel dengan status bintang tiga itu sudah bisa hadir di Bojonegoro.

Pengembang hotel yang mengajukan izin yaitu Hotel Aston berstatus bintang tiga akan berdiri di Jalan Mastrip Kota Bojonegoro. Untuk Hoten Diwarna berstatus bintang dua akan berdiri di Jalan Veteran Kota Bojonegoro. Dua hotel lagi, perizinan masih dalam kepengurusan di Badan Perizinan Pemerintah Bojonegoro.

Menurut Bupati Bojonegoro Suyoto, izin pendirian hotel binang sudah satu-dua tahun silam. Tetapi, prosesnya baru dilakukan tahun 2012 ini. Bisa jadi, berkaitan dengan persiapan untuk pengembangan ekonomi Bojonegoro. “Ya, izinnya sudah beres,” katanya di Kantor Pemerintah Bojonegoro, Selasa 23 Oktober 2012.

Selain mempermudah pendirian hotel berbintang, Pemerintah Bojonegoro kemungkinan juga akan memberi izin bagi pendirian Super Market. Selama ini, izin pendirian pasar modern ini belum ada karena dikhawatirkan akan merusak dan mematikan pedagang menengah ke bawah. Untuk itu, butuh waktu satu hingga dua tahun untuk persiapan pasar tradisional.

Selama ini, Bojonegoro sering dianggap ketinggalan ketimbang kabupaten sekitar, misalnya Blora, Cepu Jawa Tengah, yang sudah berdiri dua hotel bintang sejak lima tahun lalu. Akibatnya, sejumlah tamu penting, terutama ekspatriat, lebih banyak menginap di Cepu.

Faisal, pegiat usaha properti di Bojonegoro mengatakan dengan berdirinya empat hotel bintang, maka pengembangan ekonomi Kota Bojonegoro pada lima tahun ke depan akan terus berkembang. Paling tidak, berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata dan perhotelan. “Jelas, berdampak itu,” ujar Faisal.

Selama ini, hotel yang ada di Kota Bojonegoro masih kelas melati. Di antaranya Hotel Pazia, Hotel Wina, Hotel Bojonegoro, Hotel dan Resto MCM. Ada juga hotel yang mendekati areal Blok Cepu, yaitu Hotel Layung berlokasi di Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro.

SUJATMIKO

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me