Jembatan Comal Akan Dicoba Untuk Kedaraan Besar

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Arus mudik lebaran 2014 di Pulau Jawa yang terganggu amblesnya jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah, sedang diatasi Kementrian Pekerjaan Umum (PU). Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan, Ditjen Bina Marga tengah melakukan perbaikan darurat agar dapat digunakan empat hari sebelum lebaran (H-4). “Semoga semuanya lancar sehingga hari Kamis besok sudah bisa dibuka,” ujar Djoko di Jakarta, Senin (21/7).

jembatan-comal(1)

Pembukaan jembatan ini harus mendapat jaminan teknis lebih dulu sehingga kondisinya aman untuk dilalui. Fisik jembatan bisa dibilang dalam kondisi baik dan tidak ada rangka patah. Kerusakan hanya karena penurunan struktur. Pembukaan jembatan rencananya hanya sisi utara dari arah Jakarta menuju Semarang. Sisi selatan dari arah Semarang ke Jakarta tetap ditutup total.

Setelah perbaikan darurat selesai untuk sementara hanya kendaraan kecil yang boleh lewat.  Selanjutnya PU akan melihat kondisi di lapangan, apabila tidak ada penurunan akan dibuka untuk kendaraan lebih besar. “Untuk memantau keadaan PU menerjunkan tim yang bertugas 24 jam, di lapangan kondisi tanahnya sangat dinamis, kalau terjadi penurunan lagi kendaraan besar akan distop,” tandasnya.

Akibat amblesnya jembatan Comal jalur tengah dan selatan saat ini mengalami macet total. Menurut data di national traffic management center (NTMC) Polri, kemacetan ini disebabkan semua kendaraan besar dan kecil beralih dari jalur Pantura ke sini. Untuk mengurai kemacetan ini Polri mengarahkan kendaraan dari Cirebon menuju ke Pejagan kemudian ke Brebes. Dari sini pengendara kemudian menuju jalur selatan.

Dari Brebes, jalur tengah ditempuh melalui Ketanggungan- Prupuk – Purwokerto – Banyumas – Wonosobo – Semarang. Untuk jalur selatan Jawa Barat dari Jakarta rutenya: Bandung- tol Padaleunyi-Nagrek-Tasikmalaya-Ciamis-Majenang-Purwokerto-Wonosobo-Semarang. Untuk antisipasi kondisi lalu lintas di Jawa Tengah, Polda Jawa Tengah menyiagakan 1.500 personil. Mereka bersiap selama 24 jam untuk membantu pemudik mengurai kemacetan. Yudis

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me