Tol Ciledug-Ulujami Beroperasi, ke Bandara Makin Mudah

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Jalan tol lingkar luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road West 2/JORR W2) ruas Ciledug-Ulujami diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, hari ini.  “Segmen Ciledug-Ulujami meski hanya sepanjang 2,14 km punya peranan sangat penting karena akan melengkapi jaringan jalan JORR dari kawasan timur hingga ke barat Jakarta,” kata Djoko pada acara peresmian ruas tol ini di Jakarta, Senin (21/7).

5599745-tol-jorr-w2-ciledug

Tol JORR W2 terbagi dua seksi, Kebon Jeruk-Joglo dan Joglo-Ulujami yang sudah diresmikan akhir tahun 2013 lalu. Jalan tol JORR merupakan bagian dari jaringan jalan Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) yang terhubung dengan beberapa ruas jalan tol, yaitu tol Jakarta-Cikampek, Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Soedyatmo, dan tol dalam kota Jakarta.

“Beroperasinya tol JORR W2 ini  akan memberi kontribusi cukup besar mengurangi kepadatan lalu lintas khususnya pada jalan tol dalam kota Jakarta. Mulai hari ini pengguna jalan dari dan menuju Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Bandara Soekarno Hatta dapat menggunakan akses tol ini tanpa harus melewati jalan tol dalam kota,” tambahnya.

Pembangunan tol JORR W2 dibiayai dengan skema private public partnership (PPP) atau kerja sama pemerintah swasta (PKS) yang tujuannya meningkatkan kapasitas jaringan jalan di wilayah Jabodetabek. Pengelola tol JORR W2 adalah PT Marga Lingkar Jakarta bentukan pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta dengan komposisi saham 65:35.

Jalan tol sepanjang 7,8 km ini dibangun dengan biaya Rp2,2 triliun dengan tarif Rp8.500. JORR yang sudah beroperasi saat ini sepanjang 53,24 km, terdiri JORR seksi selatan (14,25 km), W2 selatan tahap I dan II (5,72 km), E1 selatan (4,48 km), E1 utara seksi 3 dan 4 (8,1), E2 (9,07 km), E3 (3,75 km), dan terakhir W2 utara seksi I dan II (7,87 km). Yudis

housing.estate.com