Perlu Komite Khusus Tangani Mudik Lebaran

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Mudik lebaran yang terjadi setiap tahun dan melibatkan puluhan juta orang perlu mendapat perhatian secara khusus dari pemerintah. Penangananya tidak cukup hanya oleh Departemen Perhubungan dan kepolisian seperti yang sudah berjalan selama ini. Menurut Komisi V perlu komite khusus untuk menangani permasalahan sekitar mudik.

“Mudik lebaran prosesi luar biasa dan berulang setiap tahun. Hitungan kasar kami jumlah pemudik tahun ini mendekati 30 juta orang.  Makanya perlu ada komite khusus karena ini menyangkut kelancaran dan keselamatan banyak nyawa,” ujar anggota Komisi V DPR RI, Teguh Juwarno, pada acara talkshow di TV swasta, awal pekan ini.

Mudik Lebaran

Menurut Teguh, jalur pantai utara (Pantura) Jawa yang menjadi jalur utama Pulau Jawa harus mendapat perhatian terus-menerus. Seluruh instansi dan departemen terkait harus berkkordinasi untuk menjamin kelancaran lalu lintas di jalur tersebut. Kementrian Pekerjaan Umum (PU) harus memastikan kondisi jalan layak dan aman untuk berkendara, sementara Kementerian Perhubungan dan Pemda harus dapat mengontrol tonase kendaraan melalui jembatan timbang.

Kendati  jumlah kecelakaan lalu lintas setiap tahun menunjukkan tren menurun, tetapi dengan jumlah pemudik yang semakin banyak, angka kecelakaan diperkirakan juga tetap besar. “Kementerian PU dan Kementerian Perhubungan agar menjadikan prosesi mudik sebagai tolok ukur keberhasilan, dengan adanya komite khusus akan memudahkan koordinasi lintas sektoral sehingga bisa mempercepat eksekusi,” tandasnya. Yudis

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me