Polda Metro Kembangkan Robot Lalu Lintas

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kesan angker institusi kepolisian terus dikikis dengan berbagi inovasi. Terobosan yang dilakukan antara lain memakai pakaian sipil  bagi petugas di bagian pelayanan masyarakat, menampilkan polisi cantik, dan yang terbaru Polda Metro Jaya berencana mengembangkan robot polisi (robocop) untuk mengatur lalu lintas dan polisi pariwisata.

2011_06_21_06_40_52_Polisi2

Menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dwi Priyatno, robot-robot itu saat ini dalam tahap pengembangan oleh ahli-ahli robot di Polda Metro Jaya. “Dengan robot-robot ini kita berikan pengetahuan kepada masyarakat tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), juga cara berlalu lintas yang baik dan benar, selain petunjuk-petunjuk tempat wisata,” katanya kepada pers di Mapolda Metro Jaya, Selasa (1/7).

Saat ini prototipe robocop sudah jadi namun masih terus dikembangkan sebelum dikenalkan ke masyarakat. Robot polisi ini juga akan memberikan informasi lokasi kantor polisi, jenis transportasi yang bisa digunakan, dan rute angkutan umum terutama ke lokasi-lokasi pariwisata.

Targetnya robot ini selesai dua bulan mendatang. Penempatannya di lokasi-lokasi strategis, misalnya di bandara, terminal, dan lokasi-lokasi yang banyak potensi wisatawannya. “Robot ini juga dirogram dengan tiga bahasa, Indonesia, Inggris, dan Mandarin supaya lebih universal sambil menunggu bahasa asing lainnya,” terang Dwi. Yudis

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me