Pasar Rumah AS Mulai Sehat

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pasar perumahan di Amerika Serikat (AS) mulai menunjukkan tren perbaikan. Data Departemen Perdagangan AS memperlihatkan penjualan rumah melonjak 18,6 persen. Penjualan rata-rata tahunan (seasonally adjusted) menjadi 504.000 unit. Ini jumlah tertinggi sejak Mei 2008 dan tingkat pertumbuhan terbesar sejak Januari 1992.

Penjualan rumah baru itu terlihat meningkat di empat wilayah. Bahkan untuk wilayah Barat-Tengah dan Selatan, ini adalah angka tertinggi sejak enam tahun lalu. Tingkat pertumbuhan penjualan paling besar terjadi di wilayah timur laut naik 54,5 persen. Berikutnya  wilayah barat sebesar 34 persen, dan di selatan hanya 14,2 persen.

pasar amerika

“Data tersebut sangat menguatkan pasar, terutama karena didahului oleh lonjakan besar di wilayah barat, yang menjadi wilayah dengan problem pasar perumahan terberat di tahun ini,” jelas Ted Wieseman, ekonom Morgan Stanley di New York.

Sinyelemen serupa datang dari  Cooper Howes, ekonom Barclays Research. “Ini adalah tingkat pertumbuhan terkuat sejak masa krisis dan dapat menjadi penguat bahwa pasar rumah akan membaik pada kuartal kedua,” katanya. Pendapat itu ditunjang data makro ekonomi, dimana meski pada tiga bulan pertama tahun ini ekonomi terkontraksi 1 persen, namun pada kuartal kedua pertumbuhan diprediksi bisa mencapai 3,8 persen.

Indeks kepercayaan naik
Membaiknya pasar perumahan itu sejalan dengan kenaikan indeks kepercayaan konsumen dari 82,2 pada bulan lalu menjadi 85,2. Ini yang terbesar sejak  great recession yang terjadi 6,5 tahun lalu. Sempat menurun pada kuartal pertama 2014, pertumbuhan indeks itu kemudian menguat. Meski banyak yang meragukan, namun data-data lain, seperti indeks lapangan kerja, aktivitas pabrik dan sektor jasa, juga memperlihatkan pertumbuhan tajam. “Ini memberi bukti meyakinkan bahwa ekonomi akan terus tumbuh,” kata Chris Rupkey, Chief Financial Economist Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ in New York.

property2

Hal inilah juga membuat terjadinya kenaikan pada penjualan rumah baru. Seperti kata Rupkey, bahwa diperlukan (tingkat) kepercayaan yang tinggi untuk membeli sesuatu yang besar, yaitu membeli rumah.

Data para pengembang juga menunjukkan hal serupa. Penjualan Lennar Corp naik 2,8 persen dan D.R. Horton Inc meningkat 2,6 persen. Sementara Pulte Group Inc naik 1,6 persen, dan penjualan SPDR S&P Homebuilder ETF juga naik lebih dari 1 pertsen. Pada April 2014, indeks gabungan harga rumah di 20 metropolitan di AS naik tipis 0,2%, tapi secara tahunan tumbuh 10,8 persen. Meski naik, menurut laporan S&P/Case-Shiller, pertumbuhan indeks itu terendah sejak 12 bulan yang lalu. Pada Maret 2014 masih tumbuh 12,4% (year-on-year).

Rumah Seken

Tidak hanya rumah baru, transaksi rumah seken, segmen terbesar di pasar, juga ikut melonjak. The National Association of Realtors melaporkan  penjualan rumah seken per Mei 2014 naik 4,9 persen. Ini adalah pertumbuhan terbesar sejak 3,5 tahun yang lalu. Total transaksi berjumlah 4,89 juta rumah. Walau peningkatan terlihat menguat sejak Oktober 2013, namun jumlah itu sebenarnya masih di bawah posisi puncak tahun lalu (Juni) yang mencapai 5,38 juta unit.

Pengaruh Suku Bunga

Pada tahun lalu, penjualan rumah tertinggi terjadi pada bulan Juni  sebesar 459.000 unit. Setelah itu berangsur-angsur turun karena tingkat suku bunga KPR naik, menyusul Federal Reserve (Fed/bank sentral AS) menarik obligasi bulanannya. Ditambah dengan lonjakan harga di tengah kelangkaan properti yang siap jual, hal tersebut sempat menekan pasar.

BTN Property Awards

Sejalan dengan turunnya suku bunga KPR harga rumah pelan-pelan bergerak naik lagi, dan ini sinyal pasar bisa kembali bergerak lebih cepat. Perkembangan ini kemudian membuat penjualan terus meningkat di awal kuartal kedua.

Jumlah rumah belum terjual pada Mei 2014 masih sama April 2014, sebanyak 189.000 unit. Melihat penjualan per Mei lalu, pasok ini diprediksi akan habis hingga 4,5 bulan ke depan. Pembelinya mereka yang selama ini menunda, menunggu kondisi perekonomian lebih baik. AYu

(Sumber: The Associated Press & Daily Finance)

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me