Kemenpera Benahi Sanitasi Pondok Pesantren

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Program Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) berupa Bantuan Stimulan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh (BSPK) terus digalakan. Program ini dilakukan untuk merevitalisasi kawasan dengan cara bedah rumah dan pembuatan sarana mandi cuci kakus (MCK) yang lebih sehat. Terakhir, Kemenpera meresmikan 98 program BSPK berupa sarana MCK di Kabupaten Banyuwangi dan Situbundo, Jawa Timur.

mck

“Saat ini masih banyak masyarakat yang tinggal di rumah tidak layak huni dengan sarana sanitasi yang tidak memadai. Semoga dengan diresmikannya 98 program MCK ini dapat memberikan fasilitas sanitasi kepada masyarakat luas,” ujar Agus Sumargiarto, Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera, saat meresmikan program BSPK di Pondok Pesantren Nur Cahaya, Banyuwangi, Selasa (24/6).

Total ada 51 unit MCK yang dipusatkan di Pondok Pesantren Nur Cahaya sementara sebanyak 43 unit MCK dipusatkan di Pondok Pesantren Nurul Abror dan Pondok Pesantren Sunan Muria. Total bantuan ini diharapkan dapat melayani kebutuhan sanitasi masyarakat untuk skala kawasan seluas 25 ha.

Agus berharap masyarakat dapat menjaga dan memelihara bangunan MCK ini sehingga dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lama. “Ini juga untuk mendorong masyarakat agar lebih menjaga kebersihan termasuk 600 santri yang ada di pesantren ini,” tandasnya. Yudis

 

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me