Ingin Punya Rumah Tapi Berpenghasilan UMR, Ini Pilihan Rumahnya

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Tidak ada yang membantah harga rumah semakin tidak terjangkau masyarakat secara luas. Harganya dipacu kencang meninggalkan tingkat penghasilan masyarakat yang terseok di belakang. Tapi bukan berarti masyarakat yang menerima upah minimum regional (UMR) tidak bisa memiliki rumah.

Ada sejumlah perumahan di kawasan Bodetabek memasarkan rumah yang terjangkau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dari Jakarta lokasinya memang cukup jauh, tapi aksesnya cukup bagus dan sebagian mudah dijangkau dengan kereta.  Lokasinya antara lain di Tigaraksa, Mauk,  keduanya di Kabupaten Tangerang, lalu di Setu, Babelan, Tambun, di Bekasi. Paling banyak di Kabupaten Bogor, tersebar di Jonggol, Citeureup, Gunung Putri, Klapanunggal, Ciampea, dan Bojong Gede. Rumah yang dipasarkan hunian bersubsidi seharga Rp95 – 100 juta. Tipenya 24-36 m2 dengan tanah seluas 60 – 72 m2. Tipe 30-36 m2 dilengkapi 2 kamat tidur.

Citra Indah

Citra Indah

Di Tigaraksa perumahannya antara lain Tigaraksa Extention di Darahan Jambe dan Sudirman Indah di Jl Raya Tigaraksa. Keduanya memasarkan rumah tipe 27/60 dan 36/60 seharga Rp100 juta dan Rp95 juta. Sudirman Indah dekat Kantor Pemkab Tangerang dan SMPN 1. Ke Jakarta bisa menumpang kereta dari Stasiun Tigaraksa. Pilihan lainnya di Pasar Kemis dan Sepatan, sekitar 30-40 menit menuju Bandara Soekarno Hatta. Perumahannya antara lain Pesona Lebak Wangi di Jl Raya Mauk yang memasarkan tipe 36/60 Rp95 juta.

Di Tarumajaya Bekasi ada Villa Mutiara Mas yang memasarkan rumah seharga Rp128 juta, lalu Bekasi Green City dan Grand Permata Residence di Tambun, yang memasarkan rumah seharga Rp80-95 juta.

Di kabupaten Bogor pilihannya cukup beragam  tinggal disesuaikan dengan lokasi kerja. Beberapa perumahan di Bojong Gede  layak dipilih karena dekat dengan stasiun. Sebutlah Ambar Waringin Elok di Jl Tajung yang memasarkan tipe 24/60 Rp95 juta. Di kawasan Cileungsi-Gungputri-Jonggol perumahannya antara lain Puri Harmoni 6, Green Residence (Klapanunggal), Bumi Citeureup Asri, Citra Indah. Citra Indah di Jl Raya Jonggol melansir tipe 36/72 Rp98,5 juta. Perumahan dari Ciputra Group ini pengembangannya bagus, dilengkapi sejumlah fasilitas, dan penghuninya sudah ribuan. Di Bogor barat ada Puri Araya dan Bumi Ciampea Asri, keduanya di Ciampea, yang memasarkan tipe 28/60 dan 36/72 masing-masing seharga Rp95 juta. Pras

 

housing.estate.com